Untuk membangun dan menjalankan
bisnis, para manajer harus menyesuaikan strategi mereka untuk mengkompensasikan
perbedaan-perbedaan di antara pasar-pasar dengan kekuatan fisiknya/geografinya.
I. Pertimbangan dasar dalam sumber daya alam
1. Lokasi
Dimana suatu negara berada, siapa negara tetangganya, dimana letak
ibukota, semua itu akan menjadi pertimbangan bisnis.
Lokasi penting karena merupakan faktor untuk menerangkan politik dan
hubungan perdagangan sebuah bangsa, banyak diantaranya yang secara langsung
mempengaruhi operasi perusahaan.
Hubungan politik
lokasi Austria pada masa perang dingin memungkinkan negeri itu menjadi
jembatan politik antara bangsa-bangsa nonkomunis dengan bangsa-bangsa komunis
di Timur. Australia mengambil keuntungan dari lokasinya untuk (1) meningkatkan
perdanganan dengan Eropa Timur (2) menjadi perantara keuangan utama antar kedua
kawasan (3) memperkuat peranannya sebagai kantor pusat regional bagi operasi
bisnis internasional di Eropa Timur.
Hubungan Perdagangan
Kedekatan geografis sering kali merupakan alasan pokok terjadinya
perdagangan antar bangsa-bangsa. Kedekatan geografis selalu merupakan faktor
utama dalam pembentukan kelompok dagang, seperti Uni Eropa, AFTA, dan NAFTA.
2. TOPOGRAFI
Topografi adalah fitur permukaan tanah dari suatu wilayah.
Perbedaan-perbedaan dalam topografi mungkin mengharuskan suatu produk untuk
diubah.
Pegunungan, Gurun Pasir dan Hutan Tropis merupakan
hambatan yang cenderung memisahkan dan menghalangi pertukaran dan interaksi
sehinggamemisahkan pasar, meningkatkan biaya transportasi.
Perairan
Namun ada topografi yang membawa dampak positif yaitu sungai/kanal air
yang memfasilitasi kegiatan transportasi.
3. IKLIM
Iklim merupakan kondisi-kondisi metereologis termasuk suhu udara,
hujan/salju, dan angin yang terdapat di suatu wilayah.
Implikasi Iklim Bagi Para Pelaku Bisnis
Iklim dapat mempengaruhi bauran pemasaran. Contoh produk garmen: baju
winter, summer. AC dll.
maka perusahaan harus memproduksi dan menyimpan dua atau lebih versi yang
berbeda untuk memenuhi seluruh pasar.
II. Jenis Sumber Daya Alam
Beberapa jenis sumber daya alam yang penting bagi para pelaku bisnis
adalah energi dan mineral-mineral nonbahan bakar, yakni
1.
Energi minyak bumi
2. Sumber konvensional, perkiraan cadangan berubah karena:
1.
Penemuan baru
2.
Pemerintah membuka
eksplorasi dan produksi
3.
Teknik baru
4.
Peralatan otomatis yang
lebih murah dan menurunkan biaya
3.
Sumber inkonvensional
1. Pasir
minyak
2. Serpih
minyak
3. Gas alam
4. Batubara
4. Tenaga Nuklir
Tenaga nuklir, diprediksi akan ditinggalkan karena limbahnya menimbulkan
persoalan polusi.
III. Sumber-sumber Energi Yang Dapat Diperbarui
Sumber energi yang dapat diperbarui akan menggantikan bahan bakar fosil. Sekurang-kurangnya
ada 8 jenis : hidroelektrik, matahari, angin, panas bumi, arus pasang, biomass,
dan konversi energi termal lautan.
Mineral non bahan bakar
Mangan, platina, vanadium
Relevansi Bagi Pelaku Bisnis
adalah penting bagi para manajer perusahaan untuk memahami dampak bencana
industri, seperti limpahan minyak Alaska, dan kecelakaan Bhopal, atas
perusahaan-perusahaan global dan multi nasional.
Kesinambungan Lingkungan
->komitmen
bisnis untuk beroperasi tanpa mengurangi kapasitas lingkungan untuk beroperasi
tanpa mengurangi kapasitas lingkungan untuk diwariskan kepada generasi
mendatang.
Bidang-bidang kesinambungan lingkungan dalam bisnis, yakni:
-bahan bakar alternatif -pemeliharaan
kantor
-perbaikan daerah industri -pencegahan
polusi
(daerah yang terkontaminasi) -investasi sosial
-Akuntabilitas perusahaan -teknologi
berkesinambungan
-pengembangan ekologi -alternatif
transportasi
-ekoturisme -pengurangan
limbah
-konservasi energi -konservasi
air
-desain bangunan ramah lingkungan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar